Selasa, 05 Juli 2011

KONDISI PERUSAHAAN SAAT INI

Untuk mengetahui kondisi perusahaan saat ini digunakan dua pendekatan yaitu pendekatan analisa tentang posisi perusahaan dan analisa tentang pemetaan produk.

1.   Posisi Perusahaan
Untuk mengetahui posisi Perusahaan digunakan 2 (dua) analisa yaitu analisa internal guna mengidentifikasikan Kekuatan (Strenght) dan Kelemahan (Weakness) perusahaan yang dianggap strategis, dan analisa eksternal guna mengidentifikasikan faktor-faktor eksternal perusahaan yang strategis dan menunjukkan indikasi adanya Kesempatan (Opportunity) dan Ancaman (Threat) bagi perusahaan. Terhadap faktor-faktor internal dan eksternal strategis yang diidentifikasikan tersebut, selanjutnya dilakukan pembobotan dan rating dengan menggunakan Matriks SWOT.

1.1.  Tabel Perhitungan Matriks SWOT
Berdasarkan analisa internal dan eksternal, diperoleh butir-butir kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan. Melalui proses pembuatan program dan percobaan program,yang disepakati oleh yang berwenang di CV.Omega Accounting, maka dapat dilihat derajad pentingnya butir-butir Strenght / Kekuatan, Weakness / Kelemahan, Opportunity / Kesempatan dan Threat / Ancaman, kemudian setelah diolah, diperoleh bobot dan rating setiap unsur matriks SWOT.
Bobot setiap faktor dari Strenght, nilai = 1,00, sedangkan untuk Rating setiap faktor diberi kriteria :

·         Rating 1 :   Pengaruhnya sedikit kuat
·         Rating 2             :   Pengaruhnya agak kuat
·         Rating 3             :   Pengaruhnya kuat
·         Rating 4             :   Pengaruhnya sangat kuat

Bobot setiap faktor dari Weakness, nilai = 1,00, sedangkan untuk Rating setiap faktor diberi kriteria :
·         Rating 1 :   Pengaruhnya sedikit lemah
·         Rating 2             :   Pengaruhnya agak lemah
·         Rating 3             :   Pengaruhnya lemah
·         Rating 4             :   Pengaruhnya sangat lemah

Bobot setiap faktor dari Opportunity, nilai = 1,00, sedangkan untuk Rating setiap faktor diberi kriteria :
·         Rating 1 :   Pengaruhnya sedikit berpeluang
·         Rating 2             :   Pengaruhnya agak berpeluang
·         Rating 3             :   Pengaruhnya berpeluang
·         Rating 4             :   Pengaruhnya sangat berpeluang

Bobot setiap faktor dari Threats, nilai = 1,00, sedangkan untuk Rating setiap faktor diberi kriteria :
·         Rating 1 :   Pengaruhnya sedikit mengancam
·         Rating 2             :   Pengaruhnya agak mengancam
·         Rating 3             :   Pengaruhnya mengancam
·         Rating 4             :   Pengaruhnya sangat mengancam

Matriks SWOT Kearns
Eksternal
Internal
OPPORTUNITY
TREATHS

STRENGTH

Comparative
Advantage
Mobilization

WEAKNESS

Divestment/Investment
Damage Control


Hasil pembobotan dan pemberian nilai rating setiap unsur matriks SWOT sebagaimana disajikan dalam Tabel 1 berikut ini :

MATRIKS SWOT
I. FAKTOR INTERNAL
NILAI
BOBOT
RATING
SKOR
1. KEKUATAN




1.1. Pemasaran




a.    Memiliki peluang pasar  yang besar dibanding para pesaing
4
0,06
4
0.24
b.    Reputasi yang baik dan perusahaan yang terkenal.
3
0,04
3
0,12
c.     Mempunyai pelanggan besar yang loyal dng penjualan jk.panjang
3
0,04
2
0,08
d.    Profitability yang sangat berpotensi
4
0,06
4
0,24
e.    Sangat berpengalaman dalam pemasaran industri perangkat lunak jasa dan bisnis
2
0,03
3
0.09
f.      Omega Accounting satu-satunya industri perangkat lunak jasa dan bisnis di Indonesia yg menjangkau semua bidang usaha
4
0,06
3
0.18





1.2. Produksi




a.    Keahlian dalam membuat program accounting
2
0,03
3
0.09
b.    Mempunyai kapasitas produk terbesar di Indonesia.
3
0,04
3
0,12
c.     Penyampaian informasi yang tepat dan efesiensi
2
0,03
2
0.06
d.    Memberikan manfaat yang cepat dan maksimal untuk kemajuan usaha para customer.
4
0,06
3
0,18





1.3. Keuangan




a.    Sistem informasi lebih cepat.
3
0,04
2
0,08
b.    Struktur modal, biaya penyusutan rendah.
1
0,01
4
0.04
c.     Sebagian hasil penjualan dapat meningkatkan profit perusahaan
4
0,06
3
0,18
d.    Ratio hutang dan modal cukup baik.
2
0,03
3
0.09










1.4. Sumber Daya Manusia dan Organisasi




a.    Karyawan yang berdedikasi untuk dikembangkan mencapai produktivitas dan kinerja yang lebih baik.
2
0,03
3
0.09
b.    Tingkat keahlian dan kemampuan karyawan cukup baik.
2
0,03
3
0.09
c.     Sistem pengendalian organisasi sudah terbentuk.
2
0,03
3
0.09





1.5. Teknologi Program




a.    Tampilan program yang user friendly dan mudah digunakan
4
0,06
4
0,24
b    Dapat digunakan dalam semua bidang usaha 
3
0,04
2
0.08
c.   Semua laporan terbuat dengan auto posting dan terintergrated
4
0,06
3
0,18





1.6. Teknologi Informasi




a.    Dengan didukung jaringan ELSA (Enskripsi LIntasnusa) partner esklusif omega,anda dapat mengandalikan bisnis anda darimanapun kapanpun secara online realtime yang dapat menghangsilkan e-report yang secara langsung dapat dilihat.
4
0,06
3
0,18





Jumlah Kekuatan   :
62
0
60
1,14



I. FAKTOR INTERNAL
NILAI
BOBOT
RATING
SKOR
2.KELEMAHAN




2.1. PEMASARAN




a.    Sering terjadi komplain karena kualitas
1
0.02
1
0.02
b.    Harga tidak kompetitif
3
0.07
3
0.21
c.     Data Marketing Research yang dimiliki telah kedaluwarsa
3
0.07
2
0.14
d.    Promosi kurang intensive
3
0.07
2
0.14










1.2. Produksi




a.  Kurangnya tenaga programer dalam membuat produk
1
0.02
1
0.02
b.  Kualitas program yang tidak stabil masih terjadi kesalahan
2
0.04
2
0.08
c.  Tampilan program yang rumit sehingga susah digunakan
1
0.02
1
0.02
d.  Fitur yang belum lengkap
1
0.02
2
0.04





1.3. Keuangan




a.    Kondisi keuangan kurang sehat, modal kerja terbatas.
1
0.02
1
0.02
b.    Beban bunga dan pokok pinjaman cukup tinggi, cash flow agak terganggu.
1
0.02
1
0.02
c.     Effisiensi operasional rendah, biaya produksi tinggi.
2
0.04
1
0.02
d.    Sulit mendapatkan modal kerja baru dari sumber luar.
1
0.02
1
0.02
a.     




1.4. Sumber Daya Manusia dan Organisasi




a.    Sistem dan prosedur ketenagakerjaan belum tersusun baik.
1
0.02
1
0.02
b.    Struktur organisasi cukup baik, pelaksanaannya perlu peningkatan.
1
0.02
2
0.04
c.     Komposisi tenaga kerja kurang menguntungkan.
1
0.02
3
0.06
d.    Perkembangan teknologi / bidang lain belum diimbangi kemampuan SDM.
2
0.04
1
0.04
e.    Karyawan cenderung bekerja rutinitas dan sedikit inisiatif.
1
0.02
2
0.04





1.5. Teknologi Program




a.       Tidak mudah digunakan
3
0.07
1
0.07
b  Tidak semua bidang usaha dapat menggunakan program omega
4
0.09
3
0.27
c.   Masih terjadi kesalahan dalam mencentak laporan
3
0.07
1
0.07





1.6. Teknologi Informasi




a.  Sering terjadi gangguan jaringan ELSA
3
0.07
1
0.07
     b.  Support program tidak bisa dengan cara online
3
0.07
1
0.07
Jumlah Kekuatan   :
42
0.092
33
1,5
















II. FAKTOR EKSTERNAL
NILAI
BOBOT
RATING
SKOR





1.  PELUANG









1.1. Pemasaran




a.    Potensi pasar yang masih luas
4
0.09
4
0.36
b.    Sediikitnya competitor dalam pasar
3
0.06
1
0.06
c.     Harga yang relative terjangkau
3
0.06
2
0.12










1.2. Produksi




a.    Memproduksi program yang sangat mudah
3
0.06
3
0.18
b.    Produksi yang sangat mudah memudahkan dalam memasarkan program
3
0.06
3
0.18
c.     Peluang memproduksi program masih tinggi karena masih  banyak yang belum menggunakan program akuntansi
4
0.09
4
0.36
d.    Biaya dalam memproduksi program yang murah
3
0.06
3
0.18





1.3. Keuangan




a.    Kebijakan pemerintah mempermudah privatisasi.
1
0.02
3
0.06
b.    Tidak mengingkat dengan mata uang asing
2
0.04
1
0.04
c.     Salah satu pesaing utama menghadapi masalah keuangan
1
0.02
1
0.02





1.4. Teknologi Program




a.    Teknologi program yang mudah membuat perusahaan dapat membuat laporan yang mudah
3
0.06
3
0.18
b.    Bisa memanajemen sistem keuanga yang intergrated
3
0.06
4
0.24
c.     Garansi Lifetime program j
4
0.09
4
0.36





1.5. Teknologi Informasi




a.    Bisa kendalikan multi outlet secara realtime
3
0.06
4
0.24
b.    Program dapat dionline
4
0.09
4
0.36





Jumlah Kesempatan  :
44
0.92
44
2.94
 





























II. FAKTOR EKSTERNAL
NILAI
BOBOT
RATING
SKOR


2. ANCAMAN









2.1. Pemasaran




a.    Efisiensi produksi menurun terus, sehingga biaya produksi meningkat dan menjadi tidak kompetitif.
3
0.09
1
0.09
b.    Omega semakin kehilangan pangsa pasar dan kepercayaan pelanggan.
3
0.09
2
0.18
c.     Kompetitor lain lebih maju teknologinya.
4
0.12
4
0.48





2.2. Produksi




a.  Lambatnya dalam membuat program
3
0.09
1
0.09
b.  Pembuatan yang masih inden terlebih dahulu
3
0.09
1
0.09
c.   Kualitas produk pesaing meningkat.
4
0.12
3
0.36










2.3. Keuangan




a.    Melemahnya cash flow karena kinerja yang kurang baik.
1
0.03
1
0.03
b.    Tingginya permintaan diskon pelanggan
2
0.06
3
0.18





2.4. Teknologi Program




a.    Pelanggan yang masih gagap teknologi (gaptek)
2
0.06
3
0.18
b.    Ketidak siapan dalam penguasaan teknologi program accounting
3
0.09
3
0.27





2.5. Teknologi Informasi




a.    Perkembangan teknologi informasi sangat cepat dan terjadi kelambatan dalam mengaplikasikannya.
1
0.03
2
0.06
b.    Kebutuhan tenaga ahli teknologi informasi yang semakin meningkat.
2
0.06
3
0.18





Jumlah Ancaman  :
31
0.93
27
2.19


Berdasarkan hasil – hasil yang di dapat dari analisis internal dan eksternal pada table seperti yang dituliskan diatas,hasilnya dapat dirangkum sebagai berikut :

  • Skor Total Kekuatan   :  1,14
  • Skor Total Kelemahan :  1,5
  • Skor Total Peluang      :  2,94
  • Skor Total Ancaman   :  2.19

Dari skor yang didapat maka penentuan posisi CV.Omega Accounting dapat digambarkan sebagai matrix SWOT yang dapat dilihat pada gambar dibawah :


Untuk mencari koordinatnya, dapat dicari dengan cara sebagi berikut :

Koordinat Ananlisis Internal

  • (Skor Total Kekuatan – Skor Total Kelemahan) : 2 =
  • (1.14 – 1.5) : 2 =  - 0.18

Koordinat Analisis Eksternal

  • (Skor Total Peluang – Skor Total Ancaman) : 2 =
  • (2.94 – 2.14) : 2 =  0.4

Jadi titik koordinatnya terletak pada ( - 0.18 – 0.4)

Kuadran
Posisi Titik
Luas Matrix
Ranking
Prioritas Strategi
I
(1.14;2.94)
3.35
1
Kombinasi
II
(1.5;1.14)
1.71
4
Stabilitas
III
(1.5;2.19)
3.28
2
Growth
IV
(1.14;2.19)
3.06
3
Peciutan



GRAFIK DIAGRAM SWOT


- 0,18 – 0.4 0.4
 


T
 

O
 

S
 

                                                                                                  (+)
                                 II                                                                                            I
                      STABILITY                                                                        EXPANSION
          MENDUKUNG STRATEGI                                          MENDUKUNG STRATEGI
                  RASIONA.LISASI                                                                   OFENSIF

 
                                                                                                                                                                                                                           


       

                                III                                                                                           IV
                RETRENCHMENT                                                                COMBINATION
        MENDUKUNG STRATEGI                                                MENDUKUNG STRATEGI
                       DEFENSIF                                                                         DIVERSIFIKASI



                                                                                                  (-)




 

W
 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

Penjelasan Diagram SWOT sebagai berikut :

  • Pada kuadran 1 ( S O Strategi) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada
  • Pada kuadran II ( WO Strategi) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan
  • Pada kuadran III ( W T Strategi) meminimumkan segala kelemahan untuk mengahadapi setiap ancaman.
  • Pada kuadran IV ( S T Strategi) menjadikan setiap kekuatan untuk untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan peluang.

Berdasarkan diagram bobot dan rating setiap unsure matrix SWOT sebagaimana disajikan diatas dapat diketahui bahwa posisi perusahaan atau instansi pada saat ini berada pada kuadran I yaitu kuadran EXPANSION dimana strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.

3.2    Prioritas Strategi yang dilakukan

        Prioritas I
            1.         Membuka cabang dan delaer di setiap ibu kota propinsi agar visi dan misi tercapai
         Prioritas II
            1.         Melakukan pengembangan produksi agar bisa menjadi terdepan
         Proiritas III
            1.            Efisiensi biaya dalam setiap kegiatan yang dilakukan di luar
         Prioritas IV
1.     Meningkatkan pelayanan kualitas Support untuk customer.



v     Strategi Bisnis Unit
1.      Membuka cabang dan delaer di setiap ibu kota propinsi agar visi dan misi tercapai

Faktor Penentu Keberhasilan :
·         Ketersediaan tempat lokasi untuk membuka kantor baru
·         Memiliki banyak tenaga ahli dibidangnya
·         Tersedianya gedung dan fasilitas gedung yang memadai

      Aktivitas yang dilakukan :
·         Pengadaan gedung guna mendukung berdirinya cabang dealer baru
§            Membangun gedung baru
§            Luas gedung yang akan dibangung seluas 25.000 m3
§            Desain gedung :
§            Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan gedung Rp…….
§            Dana untuk pendirian gedung didapat dari investor yang mau membuka dealer cabang baru

·         Pengadaan peralatan untuk di kantor
§            Peralatan yang dibutuhkan untuk kantor cabang

No
Nama Alat
Satuan
Harga
1
Netbook
3
xxxx
2
Cpu Demo
1
xxxx
3
Printer Mini Pos
1
xxxx
4
Cashdrawer
1
xxxx
5
Miniboth
1
xxxx
6
X - Banner
2
xxxx
7
Dami Produk
5
xxxx
8
Printer
1
xxxx
9
DLL
5
xxxx

Jumlah
Xxxx

§            Biaya yang dibutuhkan untuk membangun cabang baru Rp…….
§            Dana untuk pengadaan peralatan dari Inverstor
§            PIC yang bertanggung jawab Marketing Eksekutif

·         Pengadaan SDM  sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan
§            Jumlah SDM yang dibutuhkan sebanyak….
§            Kualifikasi Pendidikan
§            Keahlian yang harus dimiliki
§            PIC yang bertanggung jawab Head Support

·         Pengadaan sarana dan prasarana penunjang seperti, meja, kursi, lemari seta peralatan perkantoran lainnya
§            Biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan prasarana penunjang Rp…….
§            Dana untuk pengadaan prasarana penunjang dari hibah
§            PIC yang bertanggung jawab Marketing Eksekutif

·         Menyusun standar operasional prosedur
§            PIC yang bertanggung jawab

      Output :
·         Kantor Cabang  yang berkualitas

     Outcame :
·         Menghasilkan penjualan yang berkualitas
·         Meningkatkan jumlah penjualan
·         Profit, baik financial maupun non finansial

      Impact :
·         Image terhadap software akuntanasi  akan meningkat sehingga akan berdampak terhadap citra Omega Accounting dimata masyarakat

v     Strategi Bisnis Unit
1. Melakukan pengembangan produksi agar bisa menjadi terdepan

Faktor penentu keberhasilan
·         SDM yang berkompeten dibidangnya
·         Quality Control yang baik
·         Melakukan riset diluar sesuai kebutuhan masyarakat

Aktivitas yang harus dilakukan
·         Pengadaan SDM yang sesuai dengan kompetensi
§         Jumlah SDM yang dibutuhkan sebanyak :
Tenaga Programer 2 orang
Tenaga QC 2 orang
Tenaga Support 5 orang
§         Kualifikasi Pendidikan
Untuk tenaga programer minim S1
Untuk tenaga QC minim SMK
Untuk tenaga support minim SMK
§         Keahlian yang harus dimiliki
§         PIC yang bertanggung jawab Manajer
·         Quality Control yang baik
·         Melakukan riset diluar untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat


Output :
·         Produksi Program (software) menjadi berkualitas
     Outcame :
·         Meningkatan penjualan berkualitas
·         Profit, baik financial maupun non financial
·         Jumlah pemakai produk menjadi banyak

      Impact :
·         Dengan adanya produk program yang berkualitas dapat menambah jumlah pengguna program program accounting produksi omega accounting

v     Strategi Bisnis Unit
1.      Efisiensi biaya dalam setiap kegiatan

Faktor penentu keberhasilan
·         Penggunaan biaya sesuai alokasi yang sudah ditentukan

Aktivitas yang harus dilakukan
·          Melakukan audit Laporan keuangan perusahaan

      Output :
·         Penurunan biaya operasional

     Outcame :
·         Meningkanya keuntungan organisasi

      Impact :
·         Kesejahteraan karyawan meningkat

v     Strategi Bisnis Unit
1. Meningkatkan pelayanan kualitas Support untuk customer

Faktor penentu keberhasilan
·         Meningkatkan kualitas support

Aktivitas yang harus dilakukan
·          Memberikan pelatihan rutin kepada support

      Output :
·         Memberikan pelayan berkualitas

     Outcame :
·         Pengguna program omega menjadi puas

      Impact :
·         Penjualan meningkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar